Pentingnya Mengetahui Persyaratan Beserta Pengertian Hibah Dan Wasiat

Sekarang ini ada banyak sekali umat Islam yang mana kurang atau bahkan tidak memahami perbedaan antara hibah dan juga wasiat. Padahal mengetahui hibah dan juga wasiat merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan mengurus harta tersebut.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hibah dan juga wasiat, mulai dari pengertian hibah dan wasiat sampai dengan persyaratan atau ketentuannya. Dengan demikian pada saat pembagian tentu saja nantinya tidak akan ada suatu kesalahpahaman ataupun masalah.

Untuk pengertian dari hibah sendiri adalah suatu harta yang mana diberikan oleh seseorang secara cuma – cuma di masa hidupnya, dalam artian pemberian – pemberian tersebut sebelum pemberi hibah meninggal dunia. Hibah tersebut akan sah jika memang diberikan oleh seseorang yang mana masih dalam kondisi sehat wal afiat. Atau jika khawatir jika anak – anaknya nanti akan bertengkar mengenai harta warisan, maka diperbolehkan untuk membagikan hartanya.

Contohnya saja masing – masing dari anaknya diberikan satu rumah atau tanah. Sedangkan untuk wasiat sendiri merupakan suatu harta yang mana diwasiatkan oleh seseorang sebelum meninggal dan seseorang tersebut akan berhak untuk menerimanya jika memang yang memberikan wasiat sudah meninggal dunia. Untuk melakukan hibah dan juga wasiat sendiri memang terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Dan berikut ini adalah beberapa persyaratannya:

Syarat Hibah

Persyaratan pertama yang akan kita bahas adalah mengenai hibah, agar nantinya hibah tersebut sah dan juga tidak berpotensi menimbulkan konflik pada masa mendatang, maka terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi, dan berikut ini di antaranya:

  1. Orang yang mana akan memberikan hibah, maka harus menandatangani surat pernyataan hibah di atas kertas yang sudah dilengkapi dengan materai. Di dalam surat pernyataan tersebut juga dijelaskan mengenai jenis harta, nila dan juga kepada siapa pemberian tersebut ditujukan. Selain itu juga harus terdapat saksi dari pihak lain yang mana bisa dipercaya, serta harus ditandatangani para calon ahli waris dari pemberi hibah agar nantinya tidak muncul masalah.
  2. Kemudian jika surat pernyataan hibah tersebut sudah ditandatangani, maka juga perlu dilengkapi dengan pengurusan surat bukti kepemilikan dari suatu harta, dalam artian surat yang tadinya dengan nama pemilik harta, diganti dengan penerima harta.
  3. Dan jika memang semua kepengurusan tersebut sudah selesai, maka harta tersebut harus diserahkan secara tunai dan tidak sekedar baru dijanjikan. Selain itu pemberi hibah tentu saja harus benar – benar memiliki harta tersebut dan dilakukan secara ikhlas.

Syarat Wasiat

Kemudian untuk syarat dari wasiat sendiri juga terdiri dari beberapa hal yang harus diperhatikan, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Pemberi wasiat tidak boleh berwasiat pada ahli warisnya karena ahli waris tersebut sudah mendapatkan jatah yang berasal dari harta warisan.
  2. Kemudian pemberi wasiat dapat berwasiat pada orang lain yang mana bukan kerabat ataupun keluarga jika memang membawa maslahat.
  3. Lalu wasiat tersebut tidak bisa lebih dari sepertiga dari semua harta miliknya dan juga dikeluarkan setelah diambil dari biaya pemakaman.
  4. Selain itu wasiat tersebut akan berlaku jika pemberi wasiat tersebut sudah meninggal dunia.

Jadi selain pengertian hibah dan wasiat, beberapa persyaratannya juga sangat penting untuk diketahui. Namun terkadang memang terdapat suatu masalah dalam melakukan hibah dan juga wasiat tersebut. Oleh karena itu jika memang Anda merasa bingung soal hibah dan wasiat, maka bisa melakukan konsultasi kepada kami, karena kami membuka layanan untuk hibah dan wasiat yang mana mengedepankan profesionalitas dan juga memiliki kredibilitas yang tinggi. Selain mengurus masalah hibah dan wasiat, kami juga membuka layanan perceraian, hak asuh anak, mediasi perkawinan, harta warisan, wasiat, hibah dan juga harta gono-gini. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan jasa kami.

2 Comments

Leave a Reply